Minggu, 17 Juli 2016

Kehamilan Kembar

Bagaimana terbentuknya bayi kembar?
Latar belakang munculnya bayi kembar juga dapat dijelaskan dari jenisnya:
§         Kembar fraternal/tidak identik. Ketika 2 sel telur berbeda dibuahi 2 sperma berbeda. Secara fisik, penampilan fisik mereka tidak akan begitu mirip. Sekadar seperti kakak-beradik pada umumnya. Penyebab terjadinya situasi ini tidak diketahui.
§        Kembaridentik. Ketika satu sel telur yang telah dibuahi terbelah dan berkembang menjadi dua janin. Oleh karena itu, penampilan fisik keduanya akan mirip dan berjenis kelamin sama.
Sekitar 2/3 dari bayi kembar adalah kembar tidak identik. Kembar tiga dan lebih dari tiga dapat menjadi kembar identik atau kombinasi keduanya.

Janin yang kembar dapat terdeteksi saat diperiksa dengan USG pada usia kehamilan 8-14 minggu. Jika hasil pemindaian terlihat jelas, maka dokter dapat memberi tahu apakah janin berada dalam satu plasenta atau kembar identik. Meski demikian, ada kalanya hasil deteksi janin yang terindikasi kembar ternyata hanya berupa satu janin.

Siapa saja yang dapat memiliki bayi kembar?
Banyak orang mencari cara untuk mendapatkan bayi kembar. Apa saja sebenarnya faktor yang memengaruhinya? Beberapa faktor berikut ini membuat beberapa kelompok wanita lebih berpeluang memiliki bayi kembar, terutama kembar tidak identik.


§         Terdapat anggota keluarga yang kembar. Namun kembar identik tidak bersifat turunan dalam keluarga. Anda lebih berpeluang memiliki bayi kembar tidak identik jika ada anggota keluarga anda yang lebih dulu memiliki bayi kembar.  Perubahan hormon pada wanita yang hamil pada usia lebih tua dibandingkan umumnya membuat mereka lebih berpeluang untuk melepaskan sel telur secara bersamaan. Wanita yang menggunakan metode fertilisasi in vitro untuk mendapatkan keturunan. Meski demikian, di luar kelompok di atas, peluang hamil kembar masih terbuka karena sebenarnya latar belakang pemicunya belum dapat dipastikan secara jelas.
Apakah pola makan wanita yang hamil dengan bayi kembar berbeda dibandingkan wanita hamil pada umumnya?
Hamil anak kembar bukan berarti anda perlu makan dua kali lipat dibandingkan ibu hamil biasa. Pola makan ibu hamil dengan anak kembar pada umumnya kurang lebih sama dengan ibu hamil lain. Agar tubuh selalu cukup mendapat asupan vitamin dan mineral, sekaligus mencegah konstipasi, upayakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang kaya sayuran dan buah segar. 


Penuhi kebutuhan protein dan kalsium yang bisa didapat dari konsumsi telur matang, keju, susu, kacang, serta daging merah tanpa lemak.  Jika anda merasa sering lapar, penting untuk mengonsumsi camilan yang juga sehat, seperti buah-buahan segar. Hindari makanan ringan yang tidak bergizi, seperti keripik dalam kemasan atau kembang gula.
§         Wanita yang hamil bayi kembar memerlukan asam folat ekstra untuk mengurangi risiko kelainan pada bayi. Jika pada kehamilan satu bayi perlu 0,4 miligram asam folat tiap hari, maka diperlukan 1 miligram per hari pada kehamilan kembar.
Ibu hamil dengan bayi kembar lebih berisiko mengalami kekurangan zat besi. Oleh karenanya, anda perlu mengonsumsi bahan makanan dengan kandungan zat besitinggi, seperti kacang, daging merah tanpa lemak, dan sayuran hijau.


Apa perbedaan persalinan pada wanita yang hamil kembar dengan yang hamil dengan satu bayi?
Bayi kembar umumnya cenderung lahir pada usia kehamilan sebelum 38 minggu, sehingga waktu persiapan ibu hamil kembar lebih singkat dibandingkan ibu pada umumnya. Makin banyak jumlah bayi yang dikandung, risiko mereka akan lahir prematur makin tinggi. Oleh karenanya bayi kembar anda mungkin akan diberi suntikan steroid untuk mempercepat perkembangan paru-paru mereka. Proses persalinan juga lebih mungkin akan melibatkan operasi caesar. Pada kebanyakan kasus, jika kepala bayi berada di bawah, bayi pertama dapat dikeluarkan dengan cara normal, namun diperlukan operasi caesar untuk mengeluarkan bayi kedua. Sementara untuk bayi kembar tiga ke atas, hampir tiap persalinan dilakukan dengan caesar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar